Iklan Responsive disini

Wednesday, February 19, 2014

Hakikat Istighfar I

Istighfar (إستغفر) adalah kata yang berasal dari bahasa arab yang artinya adalah permohonan atau permemintaan maaf / keampunan kepada Tuhan (Allah) yang dilakukan oleh manusia (muslim-yang menganut agama Islam).

Hal ini merupakan ungkapan manusia yang sadar bahwa tidak ada tindakan yang dilakukan selama hidup yang luput dari kesalahan. Kebiasaan dalam mengucapkan 'astaghfirullah', yang berarti "Saya memohon ampunan kepada Allah", adalah tindakan yang sangat dianjurkan karena sifat dasar manusia adalah "lupa diri" yang sering kali melupakan segala tindakan yang telah dilakukan.

Sesuai pengertian di atas, banyak dari kita menganggap bahwa Istighfar ini hanyalah ungkapan yang mengarah kepada perbuatan dosa. Padahal Istighfar memiliki makna yang lebih dari itu.

Perbuataan dosa itu sifatnya memberikan perasaan "sempit" baik bagi pelakunya atau orang lain yang merasakan dari tindakan salah tersebut. Maka dari itu Allah memberikan petunjuk di dalam Alqur'an dan Hadits untuk ber Istighfar, dimana tujuannya adalah mendapatkan keampunan dari Tuhan. Dibalik tujuan tersebut, ternyata ada makna tersirat di dalam Istighfar. Apakah makna tersebut ?

Inti dari makna yang tersirat dalam Istighfar adalah KELUASAN, dimana meliputi dalam dua hal yaitu kemudahan dalam segala urusan dan kemudahan dalam mendapatkan rejeki.

Pembahasan mengenai hal tersebut diatas akan disampaikan pada artikel berikutnya....

Wassalam

No comments:

Post a Comment